Standar Kait (Tulangan Beton)


Standar Kait (Tulangan Beton)
Dalam pelaksanaan pekerjaan Konstruksi ( Bangunan Gedung), Konsultan Perencana Struktur akan melampirkan gambar Standar Detail Pekerjaan Konstruksi Beton pada gambar Tender dan gambar For Construction. Kenapa harus dilampirkan? agar pihak dari Kontraktor dapat mengetahui kebutuhan besi dan agar tim yang berada dilapangan dapat mengawasi pekerjaan agar sesuai dengan standar yang sudah dibuat oleh Konsultan Perencana. Di sini yang akan coba di bahas mengenai standar kait pada Tulangan Utama, Sengkang dan Kait Pengikat.
Pada pekerjaan elemen struktur, tulangan harus diberi kait sesuai dengan standar yang sudah ditentukan, agar tulangan beton dapat salinng menguci dengan tulangan yang lain. Oleh sebab itu sebelum dilakukan pengecoran, pihak Kontraktor akan mengundang Konsultan Struktur dan Tim Owner untuk melakukan ceklist bersama.
Ceklist pembesian ini harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada tulangan yang terlewat, jangan sampai seorang pengeawas berpikir “Enga akan keliatan soalnya nanti di cor” atau “Di proyek lama saya, tulangan kurang dikit enga apa – apa sampai sekarang bangunan tetap kokoh” atau “dengan segelas kopi dan roko akhirnnya pekerjaan diloloskan”. Hal – hal seperti itu jangan sampai dilakukan, karena pihak Kontraktor sudah menyetujui pekerjaan sesuai gambar standart yang disyaratkan dan semuanya pekerjaan sudah di hitung oleh pihak Kontraktor, oleh sebab itu pengawasan harus dilakukan dengan benar.
Dibawah ini adalah gambar standar kait untuk sengkang dan kait pengikat:


 Pada gambar diatas ada 5 kolom, dimana pada kolom tersebut menjelaskan:
1.     Kolom pertama menjelaskan type kait ada 135o dan 90o,
2.     Kolom ke dua menjelaskan gambar sengkang/ kait,
3.     Kolom ke tiga menginformasikan tentang diameter tulangan, pada tabel ada dua tipe diameter 8 – 16 mm dan 19 – 25 mm,
4.     Kolom ke empat menjelaskan diameter bengkokan (ds adalah diameter sengkang),
5.     Kolom ke lima menjelaskan panjang kait bengkokan dimana panjang kait minimal ada 6 ds, 8 ds dan 12 ds dimana panjang minimal 75 mm maka saat dilakukan perhitungan kurang dari 75 mm, maka panjang yang akan dipakai panjang minimum yaitu 75mm.
Dibawah ini adalah gambar standar kait untuk tulangan utama:



            Sama hal dengan kait standar untuk sengkang dan kait pengikat, tabel ini pun hampir sama untuk pembacaannya, hanya disini ada kait dengan 180o, jumlah tulangan utama yang lebih banyak dan panajng minimal lt nya 65 mm untuk kait 180o dan 75 mm unuk kait 75o .
Untuk teman – teman yang membaca tulisan pada blog saya, jika ada salah dalam penulisan atau kesalahan dalam langkah pekerjaan mohon di maafkan dan tolong bantu dikoreksi. Terima kasih.


0 Response to "Standar Kait (Tulangan Beton)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel