Selimut Beton dan Beton Decking


Selimut Beton dan Beton Decking

Apa itu selimut beton?
Apa itu beton decking?

Selimut beton adalah bagian terluar dari permukaan beton yang melindungi tulangan beton, dimana tebal selimut beton berbeda – beda tergantung penempatan dan fungsi beton bertulang untuk sebuah bangunan. Selimut beton berfungsi untuk melindungi tulangan beton dari korosi, dimana pada bangunan beton bertulang jika tulangan beton tersebut korosi, dapat mengakibatkan gagal struktur. Bila sebuah bangunan mengalami gagal struktur dapat mengakibatkan banguan tersebut tidak layak digunakan dan akhirnya bangunan tersebut harus di bangun ulang atau menjadi bangunan sejarah yang tidak layak fungsinya, oleh sebab itu tebal selimut beton pada sebuah bagunan  harus diperhatikan dan jangan dipandang sebelah mata.
Selimut beton memiliki tebal berbeda – beda pada sebuah bangunan beton bertulang, agar tebal selimut beton sesuai dengan yang direncanakan maka harus dipasang beton decking, dimana fungsi beton decking untuk membuat jarak anatara tulangan beton terluar sampai permukaan beton. Mutu beton decking yang akan dipasang pada elemen struktur harus sama dengan mutu beton yang akan dicor pada area tersebut, dimana jarak antara beton decking harus membuat tulangan beton tidak menempel pada bekisitng.
Seperti contoh tabel dibawah ini:


1.     Pelat dan Dinding (Elemen Struktur)
Jika pelat dan dinding tersebut tidak berhubungan dengan cuaca maka tebal selimut beton (20 mm atau 2 cm). Tetapi jika pelat dan dinding yang langsung berhubungan dengan cuaca tebal selimut beton (50 mm atau 5 cm).
2.     Balok dan Kolom  (Elemen Struktur)
Jika kolom dan balok tersebut tidak berhubungan dengan cuaca maka tebal selimut beton (40 mm atau 4 cm). Tetapi jika Kolom dan Balok yang berlangsung berhubungna dengan cuaca tebal selimut beton (50 mm atau 5 cm).
3.     Beton Berhubungan Dengan Tanah (Elemen Struktural)
Jika dilakukan pengecoran tidak langsung diatas tanah maka tebal selimut beton (50 mm atau 5 cm). Tetapi Jika dilakukan pengecoran langsung diatas tanah maka tebal selimut beton 70 mm atau 7 cm).
Contoh pekerjaan :
1.     Pengecoran pondasi bore pile, karena pengecoran berhubungan lanngsung dengan tanah maka tebal selimut betonnya 7 cm.
2.     Pengecoran balok atau kolom yang posisinya terkena cuaca langsung maka tebal selimut beton 5 cm, dan untuk pengecoran yang tidak terkena cuaca langsung tebal selimut beton 4 cm. Harusnya pekerjaan dilapangan memperhatikan ini, tetapi karena pekerjaan struktur harus cepat selesai, tim lapangan biasanya memukul rata tebal selimut beton pada pengecoran balok dan kolom.
3.     Pengecoran lantai atau dinding yang posisinya terkena cuaca langsung maka tebal selimut beton 5 cm, dan untuk pengecoran yang tidak terkena cuaca langsung tebal selimut beton 2 cm. Harusnya pekerjaan dilapangan memperhatikan ini, tetapi karena pekerjaan struktur harus cepat selesai tim lapangan biasanya memukul rata tebal selimut beton pada lantnai atau dinding.
Beton Decking Pelat Lantai
Beton Decking Pile Cap
     Semakin bervariasi selimut beton yang ada dilapangan, maka makin banyak juga variasi tebal beton decking yang digunakan agar mendapatkan tebal selimut beton yang di inginkan.
Untuk teman – teman yang membaca tulisan pada blog saya, jika ada salah dalam penulisan atau kesalahan dalam langkah pekerjaan mohon di maafkan dan tolong bantu dikoreksi. Terima kasih.

0 Response to "Selimut Beton dan Beton Decking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel