Rencana Tidak Sesuai Aktual

Rencana Tidak Sesuai Aktual

Jadwal proyek adalah waktu yang direncanakan dalam setiap bidang pekerjaan sesuai dengan tahapan pekerjaan, dimana berisi awal mulai pekerjaan sampai pekerjaan itu selesai.

Dalam jadwal proyek terdapat target pekerjaan rencana dan aktual, biasanya dalam bentuk persentase tiap minggu. Dimana persentase tersebut jika dibuat titik dan ditarik garis setiap minggunya akan membentuk Kurvas berbentuk S (sering disebut Kurva S), dimana bentuk S nya akan terlihat baik jika, dilihat dari rencana jadwal proyek.

Berbeda dengan aktual jadwal proyek, bentuk Kurva S bisa sama seperti rencana atau bisa menjadi lebih jelek. Hal ini dapat terjadi dalam berbagai faktor, seperti :
1. Gambar for construcrion belum jadi 100 % (Pekerjaan gambar for construction bertahap)
2. Gambar for construction belum di superimpose oleh perencana ( biasanya sebelum gambar for construction di edarkan ke Owner, Manajemen Konstruksi dan Kontraktor pihak perencan akan melakukan superimpose gambar agar tidak ada gambar yang saling bertabrakan. contoh: gambar perencana arsitek dan perenacana mekanikal elektrical dan plumbing (MEP), misal di area ruang rokok dipasang smoke detector.
3. Pengajuan dan persetujuan shopdrawing/ material yang lama oleh Kontraktor/Manajemen Konstruksi/ Tim Owner
4. Pelaksana tidak dapat mengarahkan timnya dilapangan/ Kebutuhan pekerja dilapangan belum dapat terpenuhi.
5. Pembayaran dari Owner ke Kontraktor yang telat/ pembayaran dari Kontraktor ke Mandor telat/ Pembayaran Mandor ke Tukangnya telat.
6. Bencana alam.
7. Dll

Ketika jadwal proyek aktual tidak sesuai dengan rencana, Kontraktor harus membuat langkah cepat agar pekerjaan bisa selesai sesuai jadwal proyek yang telah disepakati, seperti :
1. Mengajukan surat kepada Manajeman Konstruksi untuk meminta perencana mempercepat proses penggambaran for construction (jika gambar for construction di berikan secara bertahap).
2. Mengajukan surat untuk mempercepat dalam approve shopdrawing dan material.
3. Menambah pekerja dilapangan sesuai dengan bidang yang diperlukan.
4. Mengajukan surat kepada Manajemen Konstruksi untuk penambahan waktu pekerjaan.
5. Dll

Jika jadwal proyek rencana tidak sesuai dengan aktualnya, Kontraktor jangan mengerjakan pekerjaan dengan akal - akalan yang membuat kualitas pekerjaan menurun, sehingga pekerjaan dilapangan bukan menjadi lebih cepat tetapi menjadi lambat ( hal ini terjadi jika Manajemen Konstruksi/ Tim Owner mengetahuinya).
Salah satu foto yang di kerjakan tidak sesuai metode/prosedure pekerjaan yang di ajukan Kontraktor.
Penambahan Bubuk Polimer
Bukan di Kolam Polimer Tapi
di Lubang Bore Pile
Pemasangan Beton Decking
yang Kurang Tepat
Terima kasih sudah membaca tulisan yang tidak begitu bagus, bila ada salah dalam penulisan mohon dimaafkan dan di infokan agar dapat diperbaiki dengan segera, itu pun kalau penulis sedang tidak sibuk.

0 Response to "Rencana Tidak Sesuai Aktual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel