Pekerjaan Pemasangan Waterstop

Pekerjaan Pemasangan Waterstop
(waterstop, basement, gwt, stp, supplier, pile cap, tie beam, stek, bekisting, segregasi)
          Waterstop adalah sebuah material yang digunakan untuk sambungan beton yang beda umur, di mana pemasangan waterstop sering digunakan pada struktur sambungan beton lantai, dinding basement, kolam renang, GWT, STP, dan lainnya yang berhubungan dengan air. Pekerjaan pemasangan waterstop umumnya dikerjakan oleh supplier yang berpengalaman dalam bidangnya.
          Pada proyek ini waterstop digunakan untuk sambungan GWT (Ground Water Tank), dimana waterstop dipasanng ketika pile cap dan tie bieam sudah dicor terlebih dahulu kemudian stek an besi dinding sudah dipasang. Ketika akan melakukan pekerjaan pemasangan waterstop harus di cek terlebih dahulu area yang akan dikerjakan, usahakan area yang akan dipasang sudah bersih tidak ada bekas kotoran karena bila area yang akan dikerjakan masih belum bersih maka hasil dari pemasangan waterstop tidak maksimal.
          Waretstop dipasangkan antara beton lama dan baru, di mana pemasangannya harus rapat pada beton lama, agar waterstop terpasang rapat dengan beton lama maka waterstop dipaku per jarak ±1m, hal ini juga untuk menghindari pergeseran waterstop saat pengecoran beton selanjutnya.
          Masalah yang terjadi di lapangan pihak kontraktor ingin menghemat biaya pekerjaan, sehingga pekerjaan pemasangan waterstop dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman di bidangnya, di mana hasil pekerjaan pemasangan waterstop kurang maksimal. Kontraktor terlalu berhemat dalam pengadaan bekisting dinding GWT, sehingga terlalu banyak sambungan beton akan mengakibatkan peluang kebocoran semakin besar. Saat pekerjaan pengecoran tidak maksimal, sehingga dinding beton mengalami segregasi yang mengakibatkan peluang bocornya dinding GWT semakin besar.


Waterstop Waterstop
Untuk teman – teman yang membaca tulisan pada blog saya, jika ada salah dalam penulisan atau kesalahan dalam langkah pekerjaan mohon di maafkan dan tolong bantu dikoreksi. Terima kasih

0 Response to "Pekerjaan Pemasangan Waterstop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel