Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Merah

Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Merah
Dinding adalah salah satu bagian dari bangunan yang berfungsi sebagai pemisah antar ruangan, biasanya dipasang secara vertikal. Dinding dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: dinding struktural, dinding pembatas dan dinding penahan. Pada tulisan ini akan membahas tentang pekerjaan dinding pembatas, di mana pada proyek pembangunan gedung pabrik ini untuk pekerjaan dinding pembatasnya menggunakan material batu bata merah.
Sebelum kontraktor melaksanakan pekerjaan pasangan dinding bata merah, kontraktor wajib membuat shopdrawing terlebih dahulu di mana shopdrawing akan diajukan ke manajemen konstruksi lalu akan di approve, bila shopdrawing tersebut sudah sesuai dengan gambar for construction terakhir. Setelah shopdrawing di approve maka dilanjutkan pembuatan izin kerja oleh kontraktor di mana izin kerja harus di approve terlebih dahulu oleh tim manajemen konstruksi. Sebelumnya kontraktor harus memberikan approval material dan sampel material yang akan digunakan, bila material sudah di approve maka kontraktor bisa melakukan kegiatan pekerjaannya.  
Pelaksanaan pekerjaan pasangan dinding bata merah:
1.     Pertama cek area yang akan dilakukan pekerjaan pasang bata merah (area yang akan dikerjakan harus sudah keadaan bersih dan tidak ada alat atau material yang mengganggu pekerjaan).
2.     Surveyor melakukan pengukuran menggunakan alat theodolit dan waterpas untuk menentukan/memarking lokasi yang akan dipasang batu bata, kolom praktis, pintu,  as dinding, ketebalan dinding dll (setelah pekerjaan marking selesai maka dilakukan pekerjaan selanjutnya).
3.     Langsir material yang akan digunakan untuk pasangan dinding bata merah ke area yang mudah terjangkau saat akan melakukan pekerjaan pasangan dinding bata merah.
4.     Pasang kolom praktis di area yang sudah di marking dengan cara bor lantai kemudian berikan lem beton antara besi kolom praktis dan lantai yang sudah dibor (bor dengan kedalaman 10 cm). Pemasangan kolom praktis atau balok praktis dilakukan setiap 12 m2 (jika digambar tidak dimuat gambar kolom praktisnya) hal ini di khawatirkan bata tidak dapat menahan beban sendiri yang bisa mengakibatkan pasangan bata ambruk/roboh.
5.     Buat adukan untuk pasangan bata kedap air (trasram) dengan perbandingan 1:2 (1 semen pc : 2 pasir pasang) dan untuk adukan di atas trasram dengan perbandingan 1:4 (1 semen pc : 4 pasir pasang).
6.     Sebelum bata merah dipasang, terlebih dahulu bata merah direndam sampai jenuh air. Hal ini agar air semen adukan tidak terserap ke dalam bata, jika air semen terserap pasangan bata dapat mengakibatkan aduan mudah rontok dan pasangan bantai tidak cukup kuat.
7.     Pasangan profil, benang dan unting – unting untuk pengecekan tegak, lurus dan rata pasangan bata merah.
8.     Pasang dan susun bata merah di area yang sudah di marking dengan adukan.
9.     Cek apakah ada pekerjaan (MEP) mekanikal, elektrikal dan plumbing. (Hal ini agar tidak ada pekerjaan pembobokan saat pekerjaan dinding selesai).
10.                        Pasang besi D10 dengan panjang 30 cm masuk ke dalam kolom praktis dan dinding bata ketika tinggi pasangan bata sudah mencapai 80 cm hal ini untuk menghindari retakan antara dinding bata dan kolom praktis, kemudian cor kolom praktis secara bertahap.
11.                         Pekerjaan pasangan dinding bata merah harus dilakukan oleh tenaga yang profesional.
Dalam pelaksanaan pekerjaan ini pengawas dan pelaksana tidak terlalu fokus dengan pekerjaannya, seperti markingan pintu tetapi dikerjakan pasangan bata. Tim surveyor yang membuat markingan pasangan bata yang tidak tepat dengan shopdrawing, bata merah yang digunakan tidak direndam jenuh air tetapi langsung dipasang oleh pekerja di lapangan. Pasir yang digunakan tidak dilakukan pengetesan kadar lumpur, spesi pasangan bata terlalu tebal. Hal ini dikarenakan terlalu menggampangkan pekerjaan.
Untuk teman – teman yang membaca tulisan pada blog saya, jika ada salah dalam penulisan atau kesalahan dalam langkah pekerjaan mohon di maafkan dan tolong bantu dikoreksi. Terima kasih.

1 Response to "Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Merah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel