Pekerjaan Floor Hardener Pada Bangunan Kantor Pabrik

Pekerjaan Floor Hardener Pada Bangunan Kantor Pabrik
(floor hardener, serbuk, liquit, supplier, trowel, sendok semen, roskam, jidar, relat, survey, curing compound, batching plant)
Pekerjaan floor hardener pada bangunan kantor pabrik ini menggunakan dua material yaitu serbuk dan liquit di sini saya akan menjelaskan pekerjaan floor hardener serbuk. Floor hardener digunakan untuk pengeras dan pelicin lantai beton, di proyek pembangunan kantor pabrik ini floor hardener serbuk yang digunakan berwarna merah bata. Warna yang begitu mencolok, karena warna yang sering digunakan pada beberapa proyek biasanya mengikuti warna beton.
Tahapan pekerjaan floor hardener pada bangunan pabrik ini :
1.     Kontraktor akan menghubungi pihak supplier, seminggu sebelum pekerjaan floor hardener tersebut dikerjakan. Hal ini dilakukan agar supplier dapat menyiapkan alat, material dan tenaga kerja, di mana tenaga kerja harus sudah berpengalaman dalam pekerjaan floor hardener.
2.     Supplier harus mengetahui area mana saja yang akan di tabur menggunakan floor hardener, oleh sebab itu pihak supplier akan meminta gambar area  mana saja yang menggunakan floor hardener kepada kontraktor.
3.     Pekerja dari pihak supplier akan menyiapkan material di area yang akan ditabur floor hardener (bisanya material di letakan di pinggir area lantai yang akan dicor di mana area lantai tersebut menggunakan finish floor hardener dan pekerja akan menyiapkan alat – alat yang digunakan biasanya alat – alat yang digunakan mesin trowel, sendok semen/roskam dan jidar/relat.
4.     Pekerja harus menggunakan APD (alat pelindung Diri) sesuai kebutuhan masing –masing pekerja.
5.     Pekerjaan floor hardener dimulai ketika lantai yang sudah di cor rata, lot dan siku, di mana pihak survey akan melakukan pengecekan pada lantai tersebut.
6.     Jika area yang akan di floor hardener sudah rata, lot dan siku tunggu beton pada lantai tersebut setengah kering.
7.     Bila beton sudah setengah kering lakukan pekerjaan floor hardener sesuai dengan gambar area yang sudah diberikan oleh pihak kontraktor kepada supplier. (penaburat floor hardener harus merata tidak bertumpuk di satu lokasi jangan lupa cek kebutuhan floor hardener per m2 sesuai dengan kontrak kerja.
8.     Area yang sudah ditabur dengan floor hardener diratakan dan di finish mengunakan trowel (untuk area yang luas) dan roskam untuk area yang sulit dijangkau (area yang sempit/ area yang sulit dijangkau dengan trowel).
9.     Setelah pekerjaan floor hardener selesai dan kering lakukan perawatan permukaan dengan curing compound atau sejenisnya.
10.            Proteksi area yang sudah di floor hardener, usahakan tidak ada pekerjaan berat agar permukaan floor hardener tidak rusak, jika terjadi kerusakan maka kontraktor akan melakukan perbaikan kembali.
Masalah yang Terjadi :
1.     Setelah pekerjaan floor hardener selesai, jarang dilakukan pengecekan kembali oleh pihak survey apakah pekerjaan sudah rata atau belum.
2.     Saat melakukan pekerjaan floor hardener, pelaksana harus melihat keadaan cuaca karena bila terjadi hujan maka proses pekerjaan menjadi terhambat.
3.     Pekerja dari pihak floor hardener biasanya jarang memakai APD (alat pelindung diri).
4.     Pihak batching plan tidak bisa memenuhi pesanan dari pihak kontraktor. (hal ini mengakibatkan banyaknya sambungan beton dan pekerjaan floor hardener menjadi terhambat).
5.     Masih ada pekerjaan berat di area yang sudah finish floor hardener, sehingga permukan floor hardener rusak akibat benturan.
6.     Area yang di floor hardener tidak diberi proteksi dan tidak di curing karena stok material habis.
7.     Area yang harus finish floor hardener terlewat/tidak dikerjakan karena tidak pegang gambar jadi tidak mengetahui area mana saja yang harus dikerjakan.
Untuk teman – teman yang membaca tulisan pada blog saya, jika ada salah dalam penulisan atau kesalahan dalam langkah pekerjaan mohon di maafkan dan tolong bantu dikoreksi. Terima kasih
 
Tabur Floor Hardener

Perataan
Hasil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekerjaan Floor Hardener Pada Bangunan Kantor Pabrik"

Post a Comment