Test PDA (Pile Driving Analyzer) Tiang Pancang Proyek Pembuatan Pabrik


Test PDA (Pile Driving Analyzer) Tiang Pancang
Test Pile Driving Analyzer (PDA) adalah salah satu pengujian teknis kelayakan tiang fondasi, dimana pengetesan ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung aksial tiang, keutuhan/integritas tiang dan efisiensi energi yang ditransfer. Pada proyek yang saya tinjau fondasi tiang yang akan di test PDA adalah tiang pancang dengan dimensi tiang 250 mm x 250 mm dan 350 mm x 350 mm. Selain tiang pancang pengetesan PDA bisa dilakukan pada fondasi tiang lainnya.
Untuk melakukan pengetesan PDA tim lapangan harus mempersiapkan lahan yang akan di test, diaman tiang pancang yang akan di test harus di gali terlebih dahulu kemudian permukaan atas tiang harus rata, bila tiang yang akan di test retak pihak Kontraktor Tiang Pancang harus melakukan perbaikan terlebih dahulu dan Kontraktor tiang membawa alat berat “Crane” + Hammer. Kemudian pihak yang melakukan pengetesan mereka membawa : Genset, Bor Listrik, Mesin Gerinda, Terminal Kabel Rol, Pile Driving Analyzer, Strain Transducer, Accelerometer dan kabel penghubung Strain Transducer dan Accelerometer ke Mesin Monitor Test PDA.
Langkah Pengetesan PDA pada tiang pancang untuk proyek ini sebagai berikut :
Tiang pancang yang sudah ditancapkan dan sudah final set akan dikumpulkan datanya dan akan di review oleh Konsultan Pengawas dan Konsultan Perencana Struktur, diusahakan tiang pancang yang sudah final set permukaannya tidak rusak atau pecah hal ini dikarenakan takutnya tiang pancang tersebut yang akan di test sehingga Kontraktor akan mengeluarkan biaya tambah untuk pekerjaan perbaikan kepalaan tiang. Hasil  review dari Konsultan Pengawas dan Konsultan Perencana Struktur menetapkan tiang yang paling pendek masuk ke dalam tanah yang akan ditest, akhirnya Konsultan Perencana dan Struktur mengeluarkan data titi tiang yang akan ditest. Tiang yang akan di test harus dilakukan pengalian tanah dimana kedalamannya sesuai dengan permintaan Tim yang akan melakukan pengetesan. Setelah penggalian maka alat berat Crane dan Hammer di setting dan ditempatkan di area tiang pancang yang akan ditest. Kemudian tim yang akan melakukan pengetesan tiang akan menyalakan genset agar bisa menggunakan gerinda listrik, ukur area yang akan di gerinda setelah itu haluskan permukaan tiang pancang. Setelah permukaan samping tiang pancang halus maka  dilakukan pengeboran sebanyak tiga titik area depan dan tiga titik area belakang. Setelah pengeboran maka pasang Accelerometer dan Starin Transducer di area yang sudah dilubangin. Kabel yang terhubung dengan Accelerometer dan Strain Transducer di konekan ke Mesin Monitor PDA. Tim yang mengetes tiang ini harus mengetahui data tiang tersebut, data tiang ada di file report Kontraktor tiang Pancang. Data yang ada di file report akan di input ke dalam mesin monitor PDA, setelah itu Ting yang mengetest di area Monitor akan meminta menaikan Hammer ke pondasi tiang yang di test PDA beberapa kali. Data dari jatuhnya hammer ke tiang pancang yang sudah di test akan keluar di monitor pada monitor ada beberapa simbol. Jika menurut orang yang melakukan pengetesan sudah cukup maka pekerjaan PDA akan dilanjut ketitik yang lain. Tunggu beberapa hari untuk mengetahui laporan hasil test PDA.

Contoh Test PDA Tiang Bore Pile : Klik disini

Untuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau ada yang salah dalam tahapan-tahapan pekerjaan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih

0 Response to "Test PDA (Pile Driving Analyzer) Tiang Pancang Proyek Pembuatan Pabrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel