Pekerjaan Tiang Pancang Proyek Pembuatan Pabrik

Pekerjaan Tiang Pancang

Tiang Pancang adalah bagian dari struktur bawah bangunan yang berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur atas ke tanah keras yang terletak pada kedalaman tertentu. Tiang pancang mempunyai bentuk panjang dan langsing, dimana ada beberapa ukuran dan tinggi. Sampai saat ini, tiang pancang yang pernah saya awasi terbuat dari precast/ Beton Pra Cetak.
Pada proyek ini, pondasi yang digunakan adalah pondasi dalam dimana pondasi dalam tersebut adalah tiang pancang. Penggunaan tiang pancang sebagai pondasi untuk pembuatan kantor pabrik digunakan sesuai saran dari Konsultan Perencana, dimana dimensi tiang pancang yang digunakan berbeda – beda, seperti : untuk pekerjaan jalan pedestrian menggunakan dimensi 200 mm x 200 mm, dimensi 350 mm x 350 mm untuk bangunan utama dan sisanya menggunakan dimensi 250mm x 250mm.
Alat Berat yang digunakan untuk Pemancangan adalah HSPD (Hydraulic Static Pile Driver), alasan menggunakan alat ini sepertinya agar tidak menimbulkan suara yang kencang dan telah tersedia Service Crane pada alat tersebut. Ada beberapa alat berat tiang pancang yang pernah saya lihat, seperti : Drop Hammer, Diesel Hammer dan HSPD. Untuk Drop Hammer dan Diesel Hammer tidak disarankan untuk dilaksanakan pada proyek ini karena akan menimbulkan suara yang kencang yang dapat menggangu lingkungan sekitar proyek .
Tiang pancang yang digunakan pada proyek ini ada 3 jenis, yaitu 200 mm x 200 mm, 250mm x 250 mm dan 350 mm x 350 mm. Pada proyek ini ada tiga type tiang yang disubut Bottom, Middle, dan Top.
- Tiang Pncang Bottom untuk tiang yang depannya lancip dan ujungnya plat besi.
- Tiang Pancang Middle untuk tiang yang depan dan ujung nya plat besi.
- Tiang Pancang Top untuk yang depannya plat besi dan belakangnya tidak menggunakan plat besi.
Untuk pekerjaan tiang pancang dengan dimensi 200 mm x 200 mm digunakan kombinasi tiang pancang Middle dan Top, lalu untuk tiang pancang 250 mm x 250 mm digunakan kombinasi tiang Middle dan Middle dan untuk tiang pancang 350 mm x 350 digunakan kombinasi tiang Bottom dan Top, dimana setiap sambungan tiang pancang harus ada plat besi untuk di las. Sebenarnya keputusan untuk melakukan kombinasi Bottom dan Top/ Middle dan Top sedikit nekat, karena jika dua tiang ditekan ke dalam tanah dan belum final set, Kontraktor tiang pancang yang akan menanggung resikonya.
Langkah Pekerjaan Tiang Pancang yang saya tinjau dilapangan untuk tipe 350 mm x 350 mm.
1.    Titik BM dan Koordinat titik tiang pancang sudah ada, di sini saya kurang paham siapa yang yang mengeluarkannya. Apakah Konsultan Perencana atau Kontraktor.
2.    Titik Koordinat dan denah tiang pancang dibuat dalam gambar Shop Drawing.
3.    Gambar yang di ajukan oleh Kontraktor akan diperiksan oleh Konsultan Pengawas, Bila gambar sudah sesuai makan akan di approve tapi bila gambar belum sesuai dengan Gambar For Construction akan dikembalikan dan diperbaiki.
4.    Gambar Shop Drawing yang sudah di approve akan di perbanyak dan diberi copyannya kepada Konsultan Pengawas, Pelaksana dan Surveyor.
5.    Kontraktor membuat ijin pekerjaan untuk mencari titik koordinat di lapangan, jika izin sudah di setujui Konsultan Pengawas pekerjaan boleh dimulai.
6.    Surveyor akan mencari titik tiang pancang menggunakan theodolit dengan memasukan titik koordinat tiap tiang pancang.
7.    Jika titik – titik koordinat sudah ditemukan, maka asisten surveyor akan menandai menggunakan patok.
8.    Jika pekerjaan pemberian patok sudah selesai, kontraktor akan membuat surat izin pekerjaan pemancangan. Jika Izin tersebut sudah di approve makan pekerjaan pemancangan dimulai.
9.    Untuk pekerjaan tiang pancang dengan dimensi tiang 350 mm x 350 mm, Kontraktor akan menarik tiang yang berujung lancip (Bottom) dengan panjang 12 meter, lalu tiang tersebut di masukan ke clamping Box, pastikan tiang pancang tegak lurus dengan titik yang sudah dipatok. Setelah itu cek verticality tiang dimana asisten alat tiang pancang akan mengecek verticality tiang pancang. Jangan lupa cek juga nivo di ruang operator sudah di posisi yang benar atau belum. Jika semua sudah dicek dan OK maka, tiang pancang akan ditekan ke dalam tanah. Saat tiang ditekan konsultan pengawas akan mengecek nilai tekanan yang diberikan kepada tiang pancang tersebut di mana nilai tersebut ada di ruang operator alat berat tiang pancang, cek apakah nilai tiang pancang sudah sesuai dengan rencana atau belum, di proyek ini untuk tiang pancang dimensi 350 mm x 350 mm perlu ditekan sampai mendapatkan nilai 15 MPa. Jika tiang pertama di tekan belum sampai 15 MPa maka dilanjutkan dengan pemasangan tiang ke 2, dimana tiang tersebut dimensi 350 mm x 350 mm dengan panjang 6 meter di tarik dan di masukan ke dalam clamping Box. Top tiang pertama dan bottom tiang ke 2 harus ada plat besi untuk di sambung dengan di las. Bila Top tiang 1 dan Bottom tiang ke 2 sudah di setting maka las plat pada tiang tersebut. Setelah plat di las beri cairan anti karat (zinkcromat) kemudian tekan kembali tiang. Kemudian cek kembali di ruang operator apakah sudah mencapai nilai 15MPa atau belum. Jika tiang sudah ditekan dan mendapat nilai 15 MPa hentikan pemancangan di titik tersebut lalu ukur tinggi tiang yang nongol dari tanah. Tiang yang nongol harus di bobok. Biasanya untuk mempermudah di beri dua orang pengawas di mana satu mengecek pada posisi titik tiang dan verticality dan satu lagi mengecek di ruang operator. Tiang yang sudah mendapatkan 15 MPa sesuai dengan rencana disebut sudah final set, nantinya pelaksana akan membuat laporan pemancangan tiap titik untuk di tanda tangan Konsultan Pengawas dan Kontraktor Tiang Pancang.

Contoh : Pekerjaan Tiang Pancang Ukuran 250mm x 250mm dan 200 mm x 200mm
Tiang Pancang Titik Tiang Pancang

Tiang Pancang di Masukan ke clamping box Tiang Pancang diposisikan Sesuai Titik
Penyambungan Tiang Pancang Pengukuran Tiang Pancang 

Video : Kllik Disini
Untuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau ada yang salah dalam tahapan-tahapan pekerjaan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih.

2 Responses to "Pekerjaan Tiang Pancang Proyek Pembuatan Pabrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel