Pekerjaan Kolom Precast


Pekerjaan Kolom Precast
Pekerjaan Kolom Precast yang pernah saya tinjau ketika saya mengikuti kegiatan perkuliahan yaitu Kerja Praktek (KP). Dimana proyek di tempat saya melakukan kerja praktek hampir menggunakan precast dari Kolom dan Balok untuk Plat Lantai semi precast tapi untuk pekerjaan shear wall dan tangga menggunakan cara konvensional. Ini adalah proyek pembuatan rumah susun (Rusun) dimana ada lima lantai, kenapa hanya lima lantai? info yang saya dengar salah satu alasannya karena area jalur pesawat.
Ketika saya ke lokasi proyek, bekisting untuk pembuatan beton precast sudah dibuat jadi saya tidak mengetahui proses pembuatannya, pekerjaan precast di proyek ini tidak membeli/ memesan material precast ke Supplier Precast tapi melakukan pengecoran ke cetakan precast di lokasi proyek. Untuk pengecoran Kontraktor memesan beton ready mix dimana pengecoran bisa dilakukan di siang hari karena salah satu alasannya cuaca di area proyek tidak panas.
Sebelum melakukan pengecoran pelaksana harus mendata kebutuhan kolom dan mendahulukan pengecoran Kolom Precast yang diperlukan dilapangan. Pelaksana harus menyiapkan bekisting untuk Kolom Precast setelah bekisting siap, pelaksanan akan menyiapkan pembesian Kolom Precast, dimana bekisting dan besi akan di cek oleh Konsultan Pengawas, jangan lupa pasang pipa sesuai dengan jumlah besi stek-an kolom dengan posisi yang sama kemudian pipa untuk memasukan beton instan.  
Setelah Bekisting dan Pembesian Kolom Precast di cek oleh Konsultan Pengawas, Kontraktor akan memasan beton ready mix dimana ketika beton ready mix sudah sampai di lokasi proyek akan dilakukan pengecekan slump beton dan pembuatan sampel beton, kemudian dilakukan pengecoran. Dimana ketika pengecoran vibrator tidak boleh mengenai pembesian dan bekisiting Kolom Precast. Vibrator digunakan agar beton segar mengisi seluruh bagian bekisitng. Setelah itu dilakukan perataan pada permukaan Kolom Precast.
Kolom Precast akan siap diangkat ke area stok ketika sudah berumur dua belas jam, Kolom Precast akan disusun dengan rapi di area stok Kolom Precast dan jangan lupa Kolom Precast harus di curring. Kolom Precast yang akan digunakan akan diangkat oleh mobile crane ke area yang sudah ditentukan, kemudian stek-an kolom yang sudah ada akan diluruskan agar mempermudah memasukan steak-an ke dalam Kolom Precast. Jika stek-an sudah masuk ke dalam Kolom Precast maka siapkan support dan pasang pada Kolom Precast dan lantai, setelah itu Surveyor Kontraktor akan mengecek posisi Kolom dimana jika posisi kolom belum benar maka support akan dimainkan. Setelah posisi kolom sudah benar maka siapkan semen instan dimana mutu pada semen instan sama dengan mutu Kolom Precast. Masukan semen instan menggunakan corong + selang tunggu sampai semen instan terasi penuh. Kolom Precast sudah siap dipasang.
Bekisitng dan Pembesian Precast Kolom
Pengecoran Precast Kolom
Penyimpanan Precast Kolom
Stek Besi Kolom
Pemasangan Precast Kolom
Support Precast Kolom
Semen Instan
Note: Foto - foto diatas sudah di edit
Untuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau ada yang salah dalam tahapan-tahapan pekerjaan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih


0 Response to "Pekerjaan Kolom Precast"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel