Precast Parapet/ Pra Cetak Parapet

Precast Parapet
(pengawas, pengawas proyek, pengawas lapangan, manajemen konstruksi, precast, pracetak, beton pracetak, precast parapet)


Precast Concrete (Beton pra cetak) adalah suatu metode percetakan komponen secara mekanisasi dalam pabrik dengan memberi waktu pengerasan dan mendapatkan kekuatan sebelum dipasang. Pada blog ini saya akan menginformasikan pekerjaan Precast Parapet pada proyek yang sedang tinjau, awalnya pekerjaan Parapet tidak menggunakan Precast tapi cor konvensional. Pada proyek ini sudah ada dua tower apartemen yang dibangun, ketika pekerjaan pengecoran Parapet pada tower pertama dilakukan dengan cara konvensional bukan Precast. Pengecoran ini sulit dikerjakan dan dikeluhkan oleh para pekerja, sehingga pernah terjadi insiden tercecernya beton segar saat akan melakukan pengecoran dan menimpa ganteng warga, dimana jaring-jaring yang dibuat oleh Kontraktor untuk menahan material yang jatuh dari atas tower tidak bisa menahan dan akhirnya merobek jaring dan merusak ganteng warga. Akhirnya Kontraktor mengajukan metode precast parapet kepada Manajemen Konstruksi dan Owner, pengajuan dari kontraktor pun diterima dengan beberapa syarat-syarat.
Pekerjaan Precast Parapet
1.   Kontraktor mencari area untuk Produksi Precast. Kontraktor mencari lahan untuk area produksi, karena lahan kosong di area proyek makin berkurang akhirnya kontraktor memindahkan produksi Precast Half Slab kemudian area yang dulunya untuk pekerjaan Precast Half Slab diganti menjadi area produksi Precast Facade dan Precast Parapet.
2.  Pembuatan Cetakan (bekisting) Precast Parapet sesuai gambar shopdrawing yang sudah di approve oleh Manajemen Konstruksi dan Owner Lapangan.
3.   Pekerjaan pembesian sesuai shopdrawing yang sudah diapprove oleh Manajemen Konstruski dan Owner Lapangan.
4. Ketika akan dilkaukan pengecoran, Kontraktor akan meminta Manajemen Konstruksi dan Owner Lapangan untuk mengecek pekerjaan sebelum di cor apakah sudah sesuai atau belum. Jika pekerjaan sudah sesuai Kontraktor akan menghubungi supplier beton untuk mendatangakan beton ready mix tapi jika pekerjaan belum sesuai Kontraktor akan memperbaiki pekerjaan sesuai Komplain dari Manajemen Konstruksi dan Owner Lapangan.
5.   Ketika akan dilakukan pengecoran, beton ready mix harus di lakukan test slump dan pembuatan sampel material. Test slump dan pembuatan sampel material dilakukan oleh teknisi dari supplier, jika teknisi tidak ada/cetakan sampel atau alat slump tertinggal di batching plant, maka pengecoran tidak boleh dilakukan.
6.  Pengecoran Precast Parapet setelah itu menunggu waktu ±2 hari, kemudian di angkat menggunakan tower crane ke stockyard.

Ketika lahan untuk pemsangan Precast Parapet siap, angkat Precast Parapet mengunakan tower crane ke posisinya kemudian di setting posisi Precast Parapet. Jika posisi sudah benar las embedded pada posisi atas lalu las embedded pada posisi bawah, setelah pengelasan selesai embedded diberi cairan anti karat lalu difinishing.

Pembesian Precast Parapet
Contoh Pemsangan Precast Parapet
Embedded Posisi Bawah
Embedded Posisi Atas
Finishing Embedded
Precast Parapet Sudah Dipasang
Note: Foto-foto diatas sudah di edit

Untuk teman – teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau ada yang salah dalam tahapan tahapan pekerjaan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih

1 Response to "Precast Parapet/ Pra Cetak Parapet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel