Pekerjaan Pemasangan Kusen Pintu/Jendela Aluminium


Pekerjaan Pemasangan Kusen Pintu/Jendela Aluminium
Kusen Pintu/Jendela aluminium adalah salah satu opsi yang dapat digunakan sebagai bahan pengganti kayu. Penggunaan kusen aluminium sering di jumpai dalam proyek pembangunan perumahan/apartemen hal ini disebabkan, kusen aluminium mempunyai keunggulan seperti :

1.      Kusen aluminium anti rayap dan keropos walaupun dipasang di area yang lembab.
2.  Kusen Aluminium tahan cuaca dikarenakan walaupun dalam kondisi panas tidak akan mengalami penyusutan dan dalam kondisi dinding mengalami pemanjangan, beda dengan kusen kayu yang mengalami perubahan ketika cuaca panas/dingin.
3.   Kusen Aluminium mempunyai bobot yang ringan sehingga saat pengerjaan mempermudah pekerja di lapangan.

Kusen aluminium juga mempunyai beberapa kekurangan seperti :

1.      Bentuk kusen yang kurang variatif.
2.      Dalam pelaksanaannya diperlukan orang yang ahli di bidang pekerjaan ini

Untuk tahapan pekerjaan pemasangan kusen/jendela aluminium sebagai berikut :
1.     Kontraktor membuat shop drawing kusen pintu/jendela, kemudian shop drawing tersebut di ajukan kepada Konsultan Pengawas dan Owner lapangan. Shop drawing akan di sandingkan dengan gambar perencana dan di periksa, jika gambar tersebut ada yang belum benar maka akan di kembalikan dan diperbaiki oleh Kontraktor. Jika gambar sudah benar maka gambar akan di approve oleh Konsultan Pengawas dan Owner lapangan.
2.   Kontraktor mengajukan metode pekerjaan kusen jendela/pintu aluminium, dimana metode yang akan di ajukan akan dipelajari oleh Konsultan Pengawas dan Owner lapangan. Jika dalam metode yang di ajukan ada yang tidak sesuai dengan kondisi lapangan maka Konsultan Pengawas dan Owner lapangan dapat meminta metode pengerjaan yang lain atau menyarankan metode yang lain, dimana metode tersebut harus disepakati oleh Kontraktor, Konsultan Pengawas dan Owner lapangan.
3.   Shop drawing yang sudah di approve akan di perbanyak dan di berikan kepada : Surveyor, Pelaksana, Konsultan Pengawas dan Owner lapangan.
4.    Pelaksana akan mengajukan izin pelaksanaan pekerjaan kusen jendela/pintu aluminium kepada Konsultan Pengawas dan Owner lapangan, dimana bila izin itu sudah di approve, pelaksana akan mengerjakan pekerjaan sesuai dengan izin yang sudah di approve.
5.   Pelaksana akan meminta Surveyor memarking area yang akan dipasang kusen jendela/pintu aluminium. Karena di proyek ini untuk dinding luar menggunakan precast facade maka Surveyor sudah membuat markingan di cetakan precast facade, tetapi untuk pintu Surveyor membuat markingan di area tembok.
6.  Pelaksana/Kepala gudang menghubungi Supplier untuk melakukan pabrikasi kusen pintu/jendela aluminium sesuai dengan gambar Shop drawing.
7.    Kontraktor akan mengundang Konsultan Pengawas dan Owner lapangan untuk cek bersama kesikuan dan kerataan lubang jendela/pintu. (harus sesuai dengan gambar shop drawing dan jika belum sesuai pelaksana harus melakukan perbaikan terlebih dahulu). Dimana selisih lubang 1cm.
8.   Angkat kusen dan masukan kusen ke lubang tembok dengan bantuan baji karet/kayu, Atur posisi kusen dengan baji karet/ kayu, Cek ketegak lurusan kusen dengan tembok, Lubangi dinding dengan bor melalui kusen untuk pemasangan Fischer, Kemudian masukan fischer ke dalam lubang yang sudah di bor, Kencangakan Fisher dengan obeng.
9.     Pasang daun pintu/jendela dimana kaca sudah dipasang pada daun pintu/jendela, kemudian pasang asesoris pada pintu/jendela.
10.  Lalu finishing antara celah kusen dan tembok di proyek ini finishing menggunkan sealant.
11.  Kontraktor akan mengundang Konsultan Pengawas dan Owner lapangan untuk melakukan pengecekan.

Lubang Jendela 
Precast Fasad
Perapihan Lubang Jendela 
Precast Fasad
Perakitan Kusen Pintu
Jendela Sudah Terpasang
Tampak dari Luar Tampak dari Luar
Note : Foto-foto diatas sudah di edit

Untuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau ada yang salah dalam tahapan-tahapan pekerjaan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekerjaan Pemasangan Kusen Pintu/Jendela Aluminium"

Post a Comment