Pekerjaan Galian Basement Proyek Apartemen

Pekerjaan Galian Basement
Pekerjaan galian tanah adalah pekerjaan pemindahan tanah asli dari suatu tempat ketempat lainnya, sehingga lokasinya berlubang dan membentuk pola tertentu. Pekerjaan Galian Basement adalah pekerjaan pemindahan tanah asli ke tempat yang lain, dimana tanah asli tersebut berlubang dan mengikuti Shop drawing basement. Sebelum area dilakukan pekerjaan penggalian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
1. Pengecekan stabilitas lereng, dimana meninjau kedalaman area yang digali dan kemiringan yang diperlukan untuk menggali di area tersebut, hal ini dilakukan agar tanah di area yang sedang digali tidak longsor.
2. Pengecekan apakah tanah yang akan digali perlu menggunakan dinding penahan tanah atau tidak.
3. Kontraktor merencanakan jalur manuver alat berat.
4. Kontraktor membuat perencanaan kebutuhan alat berat yang diperlukan pada proyek tersebut.
5. Bila jalan dilokasi proyek kurang baik dan mempersulit pekerjaan maka, Kontraktor akan membuat jalan sementara.
6. Kontraktor harus menjaga kebersihan lingkungan dari dampak pekerjaan galian tanah.

Pekerjaan galian Tanah
Surveyor dari Kontraktor memberi markingan, untuk pekerjaan yang akan digali. Setelah di marking excavator akan menggali tanah tersebut, tanah yang sudah digali dimasukan ke dalam dumb truk. Surveyor dari Kontraktor akan mengecek elevasi  penggalian tanah, apakah sudah sesuai rencana atau belum, Jika belum dilakukan penggalian kembali. Jika tanah dalam dumb truk sudah penuh, maka tutup tanah yang ada dalam dumb truck dengan terpal agar tanah tidak berceceran ke jalan. Dumb truk akan membawa tanah tersebut ke area pembuangan tanah, diharapkan area untuk pembuangan tanah dekat dengan lokasi proyek. Biasanya ada beberapa masalah yang diakibatkan dari pekerjaan galian tanah, seperti: Tanah dalam dumb truk keluar dari terpal ketika dalam perjalanan dari lokasi proyek ke tempat pembuangan sehingga jalan menjadi berdebu dan jalan menjadi kotor hal ini merugikan para pengendara dan warga yang melintas di jalan tersebut. Saat pekerjaan penggalian area yang di gali lebih besar dari pada yang direncanakan, hal ini membuat kerugian dari Kontraktor karena Kontraktor harus membeli dan mendatangkan tanah urugan. Tidak ada washing bay di area proyek dan terjadi hujan, hal ini mengakibatkan jalan dilokasi proyek sampai area pembuangan tanah akan kotor dan licin sehingga merugikan pengendara dan warga yang melintas di jalan tersebut. Ban dumb truk mengalami slip, dimana karena slipnya ban dumb truk, excavator harus mencoba mendorong dump teruck tersebut. Excavator mengalami kerusakan. Biasanya pekerjaan galian tanah sangat menggangu warga yang berada di dekat lokasi proyek disebabkan  debu dan kotornya jalan akibat pekerjaan galian tanah, biasanya Kontraktor akan memberi kompensasi akibat dari pekerjaan ini.

Tanah yang Sudah Digali
Dumb Truk
Pengisian Tanah 
ke Mobil Dumb Truk
Tanah di Mobil Dumb 
Truk Penuh
Tanah di Mobil 
Dumb Truk di Pasang Terpal
Mobil Dump Truk Slip Ban
Note : Foto-foto diatas sudah di edit

Unntuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih

1 Response to "Pekerjaan Galian Basement Proyek Apartemen"

  1. Pekerjaan ini sangat cukup mencapekam...kayaknya ya

    Salam mediaweb4u

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel