Macam - Macam Pelelangan (Tender)

Macam - Macam Pelelangan (Tender)
Pelelangan (Tender) adalah salah satu proses kegiatan yang dilakukan oleh pemilik proyek (Owner) kepada Kontraktor yang mengikuti pelelangan, kemudian dipilih salah satu Kontraktor dengan harapan dari pemilik proyek (Owner), mendapatkan Kontraktor yang dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Dibawah ini adalah macam-macam pelelangan yaitu :
1.   Pelelangan Umum
Adalah metode pemilihan penyedia barang atau penyedia konstruksi atau jasa lainya
secara terbuka untuk umum, bagi peserta yang memenuhi syarat/kriteria/kualifikasi dibidangnya, pelelangan ini diumumkan secara luas melalui media massa, cetak dan sebagainya.

2.   Pelelangan Terbatas
Adalah metode pemilihan untuk pekerjaan tertentu, diikuti oleh minimal 5 peserta lelang. Syarat peserta lelang yang dapat mengikuti sudah terdaftar dalam peserta lelang dimana dalam daftar peserta lelang akan diseleksi siapa yang akan mengerjakan pekerjaan tersebut sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan.

3.   Pemilihan Langsung/Penunjukan Langsung
Adalah metode membandingkan dan melakukan negosiasi dari tiga penawaran dari peserta lelang yang ditunjuk baik teknis maupun harganya, peserta lelang biasanya sudah terdaftar dalam peserta yang mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan bidang usahanya.

4.   Pengadaan Langsung
Adalah metode pemilihan penyedia barang atau jasa langsung kepada penyedia barang atau jasa tanpa melalui pelelangan/seleksi/penunjukan langsung.

Tahapan-Tahapan Pelelangan
1.   Pembentukan Panitia Lelang oleh Pemberi Tugas
Pembentukan panitia lelang minimal ada lima orang yang terdiri dari : Perencana, Penagaggungjawab Keuangan, Penagggungjawab Perlengakapan, Penanggungjawab Administrasi dan bila diperlukan teknisi khusus yang diambil dari instansi lain  yang terkait, untuk Pemberi Tugas tidak diperbolehkan menjadi panitia lelang.

2.   Peserta Lelang
Peserta lelang yang boleh mengikuti lelang adalah peserta yang memenuhi syarat untuk pekerjaan yang dilelangkan dan yang di undang oleh panitia lelang.

3.   Pelaksanaan
a.    Pertama panitia akan mengumumkan akan diadakan pelelangan,
b. Perusahaan yang bidang usahanya sesuai dengan kriteria pelelangan dan berminat akan mendaftar menjadi peserta lelang,
c.  Peserta lelang akan diberikan dokumen di mana dokumen tersebut harus diisi oleh peserta lelang,
d.   Panitia akan menjelaskan aturan mengenai pelelangan,
e.  Setelah dokumen diisi oleh peserta lelang maka dokumen tersebut akan dikembalikan kepada panitia lelang dan akan diperiksa oleh panitia lelang,
f.    Panitia akan mengusulkan calon pemenang,
g.   Dilakukan penetapan pemenang lelang,
h.   Pemenang lelang akan diumumkan,
i.  Setelah pemenang diumumkan diberi waktu untuk peserta lelang untuk memberi sanggahan kepada panitia lelang,
j.     Kemudian panitia akan membuat keputusan/penunjukan pemangan lelang.
Untuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih



5 Responses to "Macam - Macam Pelelangan (Tender)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel