Dinding Penahan Tanah dari Bobokan Bore Pile


Dinding Penahan Tanah
Dinding Penahan Tanah pada proyek yang saya tinjau direncanakan menggunakan batu kali, akan tetapi diganti menggunakan bobokan dari pekerjaan pondasi bore pile dikarenakan untuk menghemat biaya dan bobokan tiang bore pile yang lumayan banyak di area proyek. Pekerjaan dinding penahan tanah di proyek ini dilakukan untuk menstabilkan tanah agar tidak longsor dan sebagai dudukan pagar keliling apartemen di area proyek. Dinding penahan tanah terbuat dari pasangan bobokan bore pile dan bahan pengikatnya berupa campuran adukan beton.
Tahapan Pekerjaan Dinding Penahan Tanah dari Bobokan Bore Pile diproyek ini akan dimulai ketika Kontraktor membuat shop drawing dinding penahan tanah lalu shop drawing diajaukan ke Manajemen Konstuksi dan Owner lapangan, bila shop drawing sudah benar maka akan di approve oleh Manajemen Konstruksi dan Owner lapangan. Shop drawing yang sudah di approve akan di copy dan hasil dari copyan akan diserahkan ke Owner lapangan, Manajemen Konstruksi dan Pelaksana dari Kontraktor. Shop drawing juga sebagai acuan pekerjaan yang akan dilakukan oleh Pelaksana proyek yang bersangkutan. Setelah itu Pelaksana akan mendiskusikan pekerjaan tersebut dengan mandor terkait. Pelaksana akan memberi informasi kepada Kepala Gudang untuk mengecek dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Pelaksana akan membuat ijin pekerjaan dinding penahan tanah, dimana ijin tersebut akan di ajukan kepada Manajemen Konstruksi dan Owner lapangan. Jika ijin sudah di approve oleh Manajemen Konstruksi dan Owner lapangan maka pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan. Pelaksana akan meminta tukang dari Mandor pekerjaan tersebut mengambil alat dan bahan yang diperlukan. Sebelum pekerjaan dimulai area yang akan dikerjakan harus bersih tidak ada rumput, pohon dan sampah. Bila area sudah benar maka Pelaksana meminta ke surveyor untuk membuat patok dari penarikan benang secara lurus sebagai acuan pekerja untuk melaksanakan pekerjaan dinding penahan tanah, dimana surveyor akan menginfokan titik awal pekerjaan, tinggi dinding penahan tanah dan tebal dinding penahan tanah. Pekerja akan membuat lantai dasar terlebih dahulu, setelah lantai dasar siap kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan menyusun pasangan bobokan tiang bore pile dan setiap pertemuan akan diberi adukan beton. Saat kegiatan pemasangan dinding penahan tanah Pelaksana dan Manajemen Konstruksi harus ada di area tersebut karena pelaksana harus mengarahan para pekerja dan Pengawas dari pihak Manajemen Konstruksi bekerja mengawasi pekerjaan agar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dan shop drawing, lalu dapat menginfokan  kepada pihak Owner lapangan progres pekerjaan yang sudah dilakukan dan permasalah apa saja yang terjadi. Setelah pekerjaan dinding penahan tanah selesai maka Kontraktor membuat mockup pagar keliling untuk apartemen tersebut, jika mockup tersebut disetujui oleh pihak Owner, maka kontraktor akan melanjutkan pekerjaan tersebut. Sebenarnya saya pun kurang mengerti apakah ini pekerjaan pondasi atau pekerjaan dinding penahan tanah.
Bobokan Pondasi Bore Pile
Pekerjaan Dinding Penahan Tanah
Pekerjaan Dinding Penahan Tanah
Mockup Pagar
Note : Foto-foto diatas sudah di edit

Untuk teman-teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih

1 Response to "Dinding Penahan Tanah dari Bobokan Bore Pile"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel