Turap (Sheetpiling Walls)


Turap (Sheetpiling Walls)
Adalah tatanan papan-papan yang dapat terbuat dari kayu, beton dan baja, dimana pemasangannya dilakukan secara vertikal sehingga nantinya berbentuk dinding tegak yang berfungsi sebagai penahan lereng atau galian tegak. Umumnya pemsangan sheet pile sebagai berikut :

1.   Water front construction dimana penggunan dari retaining wall jenis lain tidak memungkinkan, karena diperlukan dewatering.
2.      Konstruksi sementara
3.      Konstruksi ringan pada lokasi dimana lapisan tanahnya tidak kuat menahan retaining wall.
Umumnya sheet pile digunakan pada dermaga, dinding penahan pantai, break water dan konstruksi pada penahan pantai lainnya. Namun demikian penggunaan sheet pile tidak disarankan pada :

1.      Dinding yang terlalu tinggi yang menyebabkan diperlukan kekuatan pile yang
berlebihan.
2.     Konstruksi dengan pemancangan tidak terlalu dalam yang disebabkan oleh kerasnya tanah/ batuan lapisan atas.

Tipe-Tipe Sheet Pile
Umumnya sheet pile berupa papan-papan yang sudaj jadi (Precast), yang pelaksanaannya dengan cara mendorong secara vertikal ke dalam tanah, yang nantinya berupa dinding vertikal yang menerus. Bahan yang dipergunakan untuk sheet pile seperti papan kayu, sheet metal beton bertulang dan baja. Konstruksi sheet pile bisa dikelompakan dalam 4 klarifikasi, yaitu :

1.      Cantilever sheetpiling
Sheet pile ini dipancang ke dalam tanah dengan pemcangann yang cukup, sehingga secara struktural pemancangan pada tanah ini merupakan hubungan jepit untuk menahan tekanan tanah horisontal. Tipe ini cocok untuk ketinggian yang tidak begitu besar, dengan kedalaman pemancangan yang cukup ini diharapkan konstruksi sheet pile mampu menahan lendutan lateral yang relatif besar.

2.      Anchored sheetpiling
Untuk menahan tekan tanah lateral dari belakang konstruksi sheet piles ini tidak hanya mengandalakan pemancangan pada tanah dasar melainkan juga dengan mengandalkna angkur yang dipasang pada piling bagian atas. Tipe ini cocok untuk konstruksi dengan ketinggian menegah hingga yang cukep tinggi, untuk dinding yang lebih tinggi dari 10 m mungkin diperlukan dua atau tiga angkur.

3.      Sheetpiling with relieving platform
Yang dimaksud dengan relieving platform adalah (panggung/dek) yang disangga oleh sekelompok tiang (piles) yang dipergunakan untuk menahan beban kerja diatasnya (urugan tanah, crane, rail, dll), sehingga sheet piles tidak menerima tekanan lateral tanah dari belakangnya. Konstruksi ini khususnya dibuat, dimana jalur crane atau rail terletak terlalu dekat dengan sheet pile.

4.      Cellurar Cofferdams
Dalam hal ini sheet pile yang dipancang berupa sheet piles yang berlubang atau dua muka sheet piles yang dipasang saling membelakangi dan selanjutnya celah yang ada diisi dengan tanah berbutir, sehingga secara keseluruhan konstruksi mempunyai stabilitas berdiri yang cukup kuat.

Ini adalah materi yang saya dapatkan dari perkuliahaan.  Untuk teman – teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau kesalahan dalam blog ini mohon dimaafkan dan tolong bantu untuk mengkoreksi. Terima kasih.

0 Response to "Turap (Sheetpiling Walls)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel