Pekerjaan Precast Tie Beam Proyek Apartemen

Pekerjaan Precast Tie Beam
(pengawas, pengawas proyek, pengawas lapangan, manajemen konstruksi, precast, pracetak, beton pra cetak, pekerjaan precast tie beam )


Precast Concrete (Beton pra cetak) adalah suatu metode percetakan komponen secara mekanisasi dalam pabrik dengan memberi waktu pengerasan dan mendapatkan kekuatan sebelum dipasang. Pekerjaan Precast Tie Beam pada proyek ini di cetak langsung diarea proyek oleh kontraktor karena lahan kosong diarea proyek lumayan besar, tetapi pekerjaan ini menjadi terkendala karena belum ada kesepakatan antara Owner lapangan, Kontraktor dan Manajemen Konstruksi mengenai sampel beton yang diperlukan untuk sekali pengecoran. Karena tim Owner lapangan masih menganggap sampel beton untuk test tekan Precast Tie Beam jumlahnya sama dengan saat pengecoran Bore Pile yaitu sekitar  12 sampel dimana sampel tersebut untuk pengetesan (7 hari 3 sampel, 14 hari 3 sampel, 21 hari 3 sampel dan 28 hari 3 sampel), karena permasalahan yang belum beres hari pertama pekerjaan pengecoran Precast Tie Beam gagal dan beton yang sudah di order dipakai untuk lantai dasar Pile Cap, hari kedua pun tetap sama karena komunikasi antara Kontraktor, Manajemen Konstrusi dan Owner lapangan belum bisa memutuskan jumlah sampel yang diperlukan, akan tetapi pelaksana di lapangan tetap memesan beton ready mix akhirnya beton pun di cor ke bekisting Precast Tie Beam tapi dengan alasan untuk membuat Mockup Precast Tie Beam dengan alasan itu pengecoran dilakuakan tetapi Precast Tie Beam langsung ditandai oleh pihak Manajemen Konstruksi dan Owner lapangan,  mungkin jika pekerjaan precast tersebut dicetak langsung di pabrik supplier precast maka pekerjaan ini tidak akan menjadi rumit. Setelah diadakan kesepakatan antara Owner lapangan, Manajemen Konstruksidan dan Kontraktor maka pekerjaan Precast Tie Beam dapat dikerjakan, kemudian Precast Tie Beam yang sudah dicor akan di angkat lokasi stok material jika beton tersebut sudah mengeras dan mampu menahan berat sendiri. Kontraktor mencoba mengaplikasikan Precast Tie Beam ke posisiny masing-masing akan tapai pekerjaan itu menjadi sulit dikerjakan sehingga pekerjaan Precast Tie Beam tidak optimal, sehingga Kontraktor menggunakan opsi pengecoran Tie Beam langsung cor di tempat.

Proese Pekerjaan Precast Tie Beam
Pekerjaan Precast Tie Beam dilakukan setelah pekerjaan galian selesai dilaksanakan, Precast Tie Beam ditujukan untuk pembuatan struktur lantai basement. Pekerjaan Precast Tie Beam menggunakan alat bantu berupa cetakan Precast dan alat angkat Precast (Tower Crane). Urutan pelaksanaan pekerjaan Precast Tie Beam sebagai berikut :
1.   Pengukuran untuk menentukan As dan Elevasi Rencana,
2.   Pemsangan Bowplank pada  area Tie Beam,
3.   Pelaksanaan pencetakan Precast Tie Beam,
4.   Pemasangan Precast Tie Beam pada area yang sudah direncanakan,
5.   Cek/Kontrol sebelum dilakukan pengecoran Pile Cap dan Plat Basement.
                                                                                                                                                        
Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan Precast Tie Beam
Pelakasanaan pekerjaan dengan memberi label untuk Tie Beam yang akan diprecast sesuai zona yang sudah direncanakan.
1.   Tie Beam diberi label untuk memudahkan dalam proses produksi dan pemasanganmya,
2.   Pembuatan cetakan disesuaikan dengan labeling dan detail ukuran Tie Beam,
3.  Pengecoran Tie Beam dengan level topping dikurang tebal plat basement. Sebelum pengecoran beton ready mix harus dilakukan pengetesan slump dan pembuatan sampel beton. Setelah pengecoran Precast Tie Beam selesai tunggu waktu ± 1 hari setelah itu Precast Tie Beam diangkat menggunakan Tower Crane ke stok material/ langsung ke tempat Tie Beam yang direncanakan.

Bekisting Precast Tie Beam
Pembesian Precast Tie Beam
Pembesian Precast Tie Beam
Sampel Beton
Pengecoran Precast Tie Beam
Pemadatan Precast Tie Beam
Precast Tie Beam
Pemasangan Precast Tie Beam

NoteFoto-foto diatas sudah di edit

Untuk teman – teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau ada yang salah dalam tahapan tahapan pekerjaan mohon di maafkan  dan tolong bantu dikoreksi, saya hanya seorang pekerja baru dilapangan. Terima kasih

0 Response to "Pekerjaan Precast Tie Beam Proyek Apartemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel