Gambar-Gambar Yang Harus Disiapkan Kontraktor

Gambar-Gambar Yang Harus Disiapkan Kontraktor
Setelah menerima “Gambar Kontrak” atau “Gambar Rencana/Design” yang merupakan bagian dalam Dokumen Pelelangan, Kontraktor harus memeriksa kembali gambar-gambar tersebut dan meminta penjelasan kepada Direksi Pekerjaan apabila ada hal-hal yang kurang jelas. Gambar Kontrak yang ada dalam dokumen pelelangan dipakai sebagai dasar penyiapan Gambar Pelaksanaan.

2.      Gambar Kerja (shop drawing)
Gambar Kerja adalah gambar yang dilengkapi gambar-gambar detail dan gambar tambahan yang perlu, agar pelaksanaan pembangunannya sesuai dengan gambar kontrak, Gambar kerja harus mendapat persetujuan Direksi/Pengawas pekerjaan terlebih dahulu untuk selanjutnya dipakai sebagai pedoman pelaksanaan.

3.      Gambar Fabrikasi
Kontraktor harus menyerahkan kepada direksi untuk mendapatkan persetujuan hal-hal sebagai berikut: data perencanaan, analisa perencanaan dan perhitungan, gambar detail fabrikasi dari pekerjaan mekanikal dan elektrikal.

4.      Gambar Pelaksanaan Terpasang (as-built drawing)
Selama periode pelaksanaan, kontraktor harus menyiapkan “Gambar Pelaksanaan Terpasang” untuk berbagai item pekerjaan. Gambar tersebut harus menunjukan perubahan yang telah disetujui yang mungkin telah diadakan atas gambar kontrak sampai gambar menunjukan kondisi setelah dibangun setiap item pekerjaan permanen. Gambar Pelaksanaan Terpasang akan diperiksa setiap bulan di lapangan oleh pengawas lapangan dan jika ternyata tidak memuaskan dan belum diperbaiki, perbaikan harus dilakukan selambat-lambatnya selama 6 (enam) hari kerja. Jika semua bagian pekerjaan tetap yang ditunjukan dalam setiap Gambar Kontrak, Gambar Pelakasanaan Terpasangnya telah disetujui oleh Direksi harus ditandatangni bersama oleh Direksi dan Kontraktor. Kontraktor harus menyerahkan Gambar Pelaksanaan Terpasang kepda Direksi untuk diperiksa dan disetujui.

5.      Spesifikasi, Brosur Dan Data Untuk Peralatan Serta Material
Kontraktor harus menyerahkan spesifikasi, brosur dan data yang lengkap untuk material dan perelatan yang akan disediakaan sesuai dengan Kontrak pada Direksi untuk disetujui.

Ini adalah materi yang diketik ulang dan saya ambil point – pointnya dari modul Juru Ukur Kuanitas Bangunan Gedung yang didalam materinya membahas Identifikasi Pekerjaan Yang Akan Dihitung Untuk teman – teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau kesalahan dalam blog ini mohon dimaafkan dan tolong bantu untuk mengkoreksi. Terima kasih

0 Response to "Gambar-Gambar Yang Harus Disiapkan Kontraktor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel