Bobok Pondasi Bore Pile Proyek Apartemen

Bobok Pondasi Bore Pile
(pengawas, pengawas proyek, pengawas lapangan, manajemen konstruksi, pekerjaan bobokan, bobokan bore pile, bobokan pondasi bore pile)


Pondasi bore pile adalah jenis pondasi dalam yang dibor kedalam tanah dengan dimensi tertentu, berbentuk tabung memanjang terdiri dari dari campuran beton dan tulangan baja, dengan instalasi pemasangan besi setempat dan pengecoran beton setempat. Umur beton waktu yang diperlukan beton segar untuk mengeras agar dapat menopang dirinya sendiri dan mendapatkan mutu sesuai dengan yang direncanakan, saat beton sudah berumur 28 hari maka mutunya harus sesuai dengan yang direncanakan, biasanya akan ada pengetesan beton dari umur 7, 14, 21 dan 28 hari. Pengujian pondasi bore pille test yang dilakukan untuk mengetahui daya dukung pondasi dan untuk mengetahui tiang bore pile dalam tanah sudah sesuai dengan rencana atau belum.

Setelah pekerjaan pengecoran bore pile selasai dan umur beton pada lubang bore pile sudah cukup akan dilakukan pengetesan tiang bore pile, pengetesan ini dilakukan bertahap. Biasanya titik bore pile yang akan dilakukan pengetesan akan dibor dan di cor terlebih dahulu, ini dilakukan agar umur beton siap untuk dilakukan pengetesan. Jika tiang bore pile sudah di test maka aka keluar hasil pengetesan, biasanya hasil pengetesan akan keluar sekitar dua mingguan, hasil pengetesan bisa keluar lebih cepat atau lebih lama tergantung pembayaran kontraktor dengan pihak yang melakukan pengetesan, dari hasil test akan diberitahu apakah tiang pondasi bore pile bagus atau tidak. Jika tiang bore pile bagus akan dilanjutkan ke pekerjaan berikutnya, tapi jika tidak bagus akan di cek kembali untuk diperbaiki atau pembuatan titik pengganti bore pile yang gagal atau bisa juga merapatkan tulangan pada pile cap, semua tergantung dari rekomendasi perencana. setelah pekerjaan pengetesan selesai dan hasilnya sudah ok maka selanjutnya pekerjaan galian tanah, pekerjaan ini akan menggali tanah sampai di level lantai terendah atau akan menggikuti gambar shopdrawing yang sudat di setujui oleh tim owner  lapangan dan manajemen konstruksi. Lalu setelah pekerjaan galian selesai makan dilanjukan pekerjaan pembobokan tiang bore pile sampai elevasi tertentu. Pekerjaan pemobokan ini lumayan lama, dikarenakan ketika pekerjaan pengecoran bore pile, beton ready mix diminta di cor sampai tanah ekisting, hal ini membuat pekerjaan pembobokan dengan tenaga manusia menjadi lama dan membuat takut pekerja, karena bisa saja beton yang sedang di bobok runtuh. Awalnya pekrejaan pembobokan dilakukan oleh kontraktor bore pile tapi karena pekerja yang belum berpengalaman dalam pekerjaan pembobokan maka pekerjaan menjadi lama, akhirnya kontraktor bore pile meminta kontraktor struktur, arsitek dan Plumbing (SAP) untuk  mengambil pekerjaan bobok bore pile. saat pekerjaan ingin di  berikan ke kontraktor SAP kontraktor tersebut tidak mau karena sangat sulit membobok tiang bore pile yang tinggi, tapi setelah di negoisasi akhinya kontraktor SAP mau mengambil pekerjaan pembobokan. Pekerjaan pembobokan dengan pekerja yang sudah berpengalama dari kontraktor SAP pun masih dibilang lama, akhinya kontraktor meminta persetuajuan pembobokan mengunakan mesin. Pembobokan mengunakan mesin harus di pantau agar operator tidak salah saat melakkan pembobokan, pekerjaan pembobokan mesin bisa dilakukan dengan cepat, sehingga tidak menggangu jadwal untuk pekerjaan pekerjaan yang lainnya. Menurut teman – teman pembobokan menggunakan mesin aman atau tidak? Karena bisa saja pembobokan ini cepat tapi merusak pondasi nya, efek tekanan dari mesin yang kuat membuat retak pada tiang bore pile dalam tanah.
Bobok Tiang Bore Pile
Bobok Tiang Bore Pile

Video : Klik disini

Untuk teman – teman yang membaca blog saya bila ada salah penulisan atau kesalahan dalam blog ini mohon di maafkan dan tolong bantu dikoreksi. Terima kasih

Note : Gambar diatas sudah saya edit

0 Response to "Bobok Pondasi Bore Pile Proyek Apartemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel